Memperbaiki catridge E400 yang rusak.

Pagi tadi Saya mendapat kan pasien Printer E 400 dengan kerusakan pada katrid hitam, nah bicara kerusakan pada katridge khususnya pada printer canon  memang sangat rawan sekali, apalagi yang dipermasalahkan, karena jelasnya perusahaan Canon sendiri juga tidak mau rugi kan, kalonya mereka membuat produk tanpa adanya kerusakan maka akibatnya perusahan sekali membuat akan gulung tikar. jadi dalam artikel ini saya pribadi tidak menyalahkan untuk perusahaan canon.



Bicara tentang kerusakan pada katridge tersebut tentunya semua pemakai printer sering juga mengalami, karena dari beberapa kasus yang sering saya tangani tentang printer ternyata ada sebagian besar pada catridgenya, jadi saya menyimpulkan untuk kerusakan yang paling sering adalah katrid.

disini saya akan berbagi pengalaman untuk memperbaiki catridge yang rusak , dalam kasus ini saya tulis sesuai yang saya lakukan, bilamana anda kurang yakin jangan coba-coba untuk mempraktikan, karena akan berakibat fatal, dalam perbaikan ini saya melakukan pada Printer canon E400, sayangnya hal tersebut tidak sempat saya dokumentasikan. namun Insya Allah sedikit penjelasan di bawah ini saya share semoga anda mengerti dengan info ini:

Yang perlu anda siapkan sebelumnya adalah :
1. Tissu (1 Gulung) Tissu WC aja
2. Lem Alteco (biar cepat kering)
3. Panci (untuk merebus air)
4. Kipas Angin (tanpa cahaya matahari)
5. air dingin (lebih baik air mengalir (jangan di sungai) )
6. Cutter atau Pisau (jangan pisau untuk potong sapi)
7. Catrid yang rusak (ini jelas , jangan yang baru beli lo ya)

dah itu aja ya alat-alatnya jangan di tambah lagi yang macem-macem  takut salah ambil alat.

nah sekarang yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah semua alat diatas jangan dimasak di dalam panci , namun silahkan di persiapkan dengan posisi dekat dengan anda, karena supaya mudah anda jangkau. oke kita lanjut dalam repair catridge yang rusak , oya dalam kategori ini saya menyimpulkan rusak karena tinta tidak mau keluar sama sekali dan di deteksi oleh printer E400 dengan lampu led terus menyala dan tidak mau untuk mencetak.

langkah dalam perbaikan silahkan anda pegang catrid di tangan kiri kemudian ambil pisau/cutter di tangan kanan kemudian silahkan anda buka tutup pada catridge tesebut dan keluarkan spon yang ada didalamnya dengan cara mencongkel pelan saja dengan cutter/pisau tersebut.

langkah berikutnya yaitu silahkan anda cuci spon tersebut dengan air mengalir dan hingga menurut anda m\bersih dari tinta-tinta tersebut,

setelah itu silahkan ambil air satu gelas saja silahkan direbus hingga kondisi hangat kuku, jadi tidak menunggu benar-benar masak, tapi kalo terlanjur masak airnya silahkan anda buat untuk membuat kopi saja, itu jadi pas banget.

setelah air hangat kuku itu anda angkat jangan diminum namun silahkan anda gunakan untuk membasuh wadah dari spon catrid tadi hingga bersih dan sesekali anda goyang--goyang yang terpenting air jangan sampai terkena kuningan dari catridge, entah to goyangan anda sampai ngebor pun perlu saya tekankan pokoknya jangan sampai terkena kuningan dari catridge.

setelah semua bersih silahkan ambil tisu untuk di tempel-telpelkan pada spont karena kita semua tahu tisu lebih cepat menyerap air, jadi itu kok fungsi dari tisu. ups kemudian silahkan anda juga keringkan tempat spon catrid tadi dengan tisu juga, ingat lo ya dengan tisu bukan dengan kain pel.dalam melakukan penyerapan air pada wadah spon sesekali anda hentakan pada alas lantai supaya semua air keluar,

setelah semua dinyatakan benar-benar kandungan airnya 98% hilang terserap tisu baru anda nyalakan kipas angin, eh.... jangan pakek buka baju segalla, emangnya mau ngapain,????, itu kipas angin mau di pakai mengeringkan spon catridge aja kok, biar bisa kering 99% , namun bila di lokasi anda panas matahari bersahabat boleh juga anda memanfaatkan itu.

setelah semua langkah diatas anda lakukan silahkan kembalikan seperti semula dan direkatkan dengan lem alteco tadi, tunggu hingga kering dan pastikan tidak terbuka , itu artinya benar-benar rapat , kan kalonya rapat enak......(positif tingking aja).

setelah lem alteconya kering isikan tinta sebanya 3 Ml aja , jangan satu botol anda isikan, muntah-muntah nantinya. dan silahkan anda untuk mencetak

tara.............. gimana hasilnya ???? beritahu saya dan tulis komentar anda.

3 comments:

  1. Nanti sy coba praktekin..ya salam

    ReplyDelete
  2. cartridge hitam e400 klo di refill kok gak bisa penuh, di isi sedikit luber,,mohon solusinya. trims

    ReplyDelete