Ayo Simak, Mengapa Melihat Gerhana Matahari Itu membahayakan ?

Info Pak Galih - Bahaya melihat gerhana matahari
Bahaya Melihat gerhana Matahari-Info Pak Galih
Gerhana Matahari dalam jangka dekat ini menjadi perbincangan para Netizen, sebab tak jarang pula orang akan cenderung untuk menikmati fenomena Alam yang satu ini menjadi ajang pariwisata, menurut berita yang kesana kesini pak galih dengar bahwa kita sangat dilarang dalam memandang langsung fase dari gerhana matahari, namun dalam benak kita pastinya muncul suatu pertanyaan yang sangat mendalam, mengapa melihat gerhana matahari itu membahayakan?, sungguh pertanyaan yang lazim diungkap sebab gerhana matahari sendiri kan matahari cahayanya tertutup, namun mengapa itu membahayakan, 
dalam penjelasan geografinya bahwa 

Proses terjadinya gerhana matahari ada 7 silahkan simak

  1. Gerhana matahari terjadi jika bulan berada di antara matahari dan bumi dalam satu garis lurus.
  2. Gerhana matahari terjadi ketika bulan berada pada fase bulan baru saat bulan memang sedang berada di antara matahari dan bumi sehingga bayang-bayang   bulan jatuh ke permukaan bumi.
  3. Tidak semua area mengalami gerhana. Hanya area di bumi yang dilewati bayang-bayang bulan yang akan mengalami gerhana.
  4. Di siang hari, pada saat terjadinya gerhana matahari, bulan sedikit demi sedikit menutupi matahari dan pandangan kita. Lama kelamaan, matahari tertutup seluruhnya dan kita menyebutnya dengan gerhana total.
  5. Bayang-bayang bulan ada dua bagian, yaitu umbra dan penumbra.
  6. Penumbra adalah bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap (tidak tembus pandang) bulan
  7. Umbra adalah bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadi gerhana bulan. 
Nah sedikit ada pencerahan kan tentang proses dari terjadinya Gerhana Matahari, walau kita mengakui beberapa proses yang kita pelajari di waktu sekolah yang dijelaskan oleh Guru-guru kita, namun mengapa Gerhana Matahari itu bila dilihat sangat membahayakan, oke sedikit pak galih akan mengulas beberapa bahaya yang dapat disebabkan ketika kita melihat langsung dengan mata telanjang kita 
Bahaya dari melihat matahari sendiri kita jelas sangat bisa merasakan, namun bagi anda yang belum pernah merasakan silahkan tatap matahari disiang hari, sungguh membuat mata kita menjadi silau dan bahkan membuat kepala kita pening dengan pandangan yang penuh dengan bintang berkedip.

trus bahaya apa sih tatap Gerhana Matahari :

  1. Fase yang terdapat pada cahaya matahari akan dapat menembus dari Retina mata kita, dan hal tersebut dapat merusak saraf dari lapisan retina mata kita. 
  2. dengan kerusakan pada retina ketika kita memandang Fenomena Gerhana Matahari tersebut pandangan mata akan merasakan ada sisi gelap dan bisa juga kabur pandangan kita.
  3. bahkan yang lebih membahayakan lagi kejadian tersebut bisa  mengakibatkan kebutaan.
nah dengan begitu masih kah rasa hati ingin melihat Gerhana matahari secara langsung ? tentukan jawaban anda sendiri-sendiri , karena resiko bukan mata orang lain yang merasakan namun mata anda sendiri juga kan, oke sekian dulu ya, semoga dari ulasan artikel yang berjudul  Ayo Simak, Mengapa Melihat Gerhana Matahari Itu membahayakan ? ini dapat memberikan penjelasan kepada anda. Pak Galih yakin bahwa dari tulisan diatas sangat lebih dari kurang, untuk itu bila anda lebih dalam mengetahui silahkan tambahkan pada kolom komentar dibawah ya....

No comments:

Post a Comment